Kamis, 28 Mei 2009

LAporan Telekomunikasi Seluler

Jurusan : PT. Elektronika

Topik : Pengenalan Telepon Seluler

Job : 1

Judul : Blok Diagram HP


A. Tujuan

1. Mengenal prinsip kerja dari Hand Phone

2. Mengetahui blok digaram dan fungsi dari masing-masing blok diagram Handphone

3. Mengetahui komponen utama yang terdapat pada masing-masing blok Hand Phone


B. Alat dan Bahan

1. Hand Phone

2. Toolset


C. Teori Singkat

Konsep dasar yang penting dalam sebuah HP/ Ponsel/Mobile atau disebut juga komunikasi seluler adalah kenataan bahwa teknologi yang digunakan HP sebenarnya merupakan pengembangan dari teknologi radio yang dikawinkan dengan teknologi komunikasi telepon dan teknologi komputer. Telepon pertama kali ditemukan dan diciptakan oleh Elexander Graham Bell pada tahun 1986. Sedangkan komunikasi tanpa kabel (wireless) ditemukan oleh Nikolai Resla pada tahun 1980 dan diperkenalkan oleh Guglielmo Merconi.

Perkembangan teknologi komukasi mobile ternyata telah semakin berkembang dengan pesat. Evaluasi sistem kini telah mencapai ke generasi ke-4 (4G). Teknologi kualitas digital yang sangat baik hingga ke teknologi kamera vidio dan media confrence yang diintegrasikan dalam telepon seluler.

Pada dasarnya Hand Phone terdiri dari blok antena switch, IC Power Amplifier, LO VCO, Oscilator Crystal, IC RF, UPP, Memory, IC Power, LCD keyboard, mic/earphone, SIM Card, dan sistem konektor.


D. Langkah Kerja

1. Ambil masing-masing kelompok HP trainer yang sudah disediakan, dan dalam kondisi off

2. Buka (Assembling) HP trainer tersebut dengan hati-hati dan menggunakan tools sesuai dengan ukuran bautnya.

3. Lakukan pemetaan blok diagram Hand Phone pada hand Phone trainer anda sesuai dengan blok rangkaian yang tersedia pada jobsheet ini.

4. Lakukan pengamatan dan temukan serta kenali komponen-komponen utama dari masing-masing blok rangkaian Hand Phone dari blok rangkaian pada jobsheet ini.

5. Catat komponen utama yang terdapat pada masing-masing blok rangakain pada tabel pengamatan dibawah ini.


E. Gambar Blok Diagram HP





Nama-Nama Komponen dan Fungsinya Dari Blok Rangkaian

Nama-Nama Komponen Utama

Fungsi

Antena Switch

Sebagai saklar otomatis untuk menerima dan memancarkan gelombang elektomagnetik ke dan dari udara.

IC Power Amplifier

Sebagai penguat akhir dari sebuah system pemancar gelombang radio, sebelum sinyal tersebut diumpankan ke bagian ANT Switch untuk dipancarkan ke udara.

LO VCO

Sebagai rangkaian penentuan besarnya channel frekuensi yang dapat diproses pada pesawat Hand Phone.

IC RF

Sebagai penguat frekuensi radio dan juga sebagai penguat awal yang menguatkan sinyal-sinyal informasi listrik yang masih sangat lemah, sehingga akhirnya dapat diteruskan ke rangkaian selanjutnya.

Oscilator Crystal (XO)

Sebagai rangkaian pembangkit frekuensi osilasi yang berguna untuk dapat menerima dan memancarkan frekuensi radio, sehingga pesawat Hand Phone dapat bekerja dengan baik.

RTC X’

Sebagai rangkaian pembangkit frekuensi/denyut clock ke bagian IC Power/UEM, sehingga IC Power dapat bekerja dengan baik.

MEMORY

Sebagai tempat penyimpanan data.

UPP/CPU

Sebagai unit proses utama yang mengendalikan semua kendali kerja dari pesawat Hand Phone. UPP ini berhubungan dengan perangkat I/O device.

IRDA

Sebagai perangkat tambahan yang dapat mentransfer data dari satu parangkat pesawat Hand Phone ke pesawat Hand Phone lainnya dalam radius yang sangat dekat sekali, atau biasanya orang menyebutnya dengan sebutan Infra Merah.

LCD

Sebagai layar penampil, rangkaian berhubungan dengan bagian UPP/CPU.

KB Backlight drive

Sebagai penggerak untuk menghidupkan lampu latar, rangkaian ini berhubungan dengan bagian keyboard konektor dan di kontrol oleh IC CPU/UPP.

UEM/IC Power

Sebagai bagian catu daya utama yang mensupply tegangan kerja ke seluruh perangkat rangkaian.

IC FM Radio

Sebagai perangkat tambahan untuk rangkaian radio.

IC Camera

Sebagai perangkat tambahan untuk rangkaian pemproses kerjanya camera.

Camera Conn

Sebagai penghubung antara IC Camera dengan Camera luar.

Mic/Ear

Sebagai perangkat yang mengolah sinyal informasi listrik menjadi sinyal suara dan mengubah sinyal suara menjadi sinyal informasi listrik.

Audio Converter

Sebagai pengkonversi sinyal informasi listrik menjadi sinyal suara dan selanjutnya dilanjutkan ke bagian loudspeaker.

IHF Speaker Conn

Sebagai perangkat untuk menghubungkan ke bagian perangkat loudspeaker.

Vibra

Sebagai perangkat untuk memberi isyarat penanda getar.

SIM Card

Sebagai ID pada sebuah Hand Phone, untuk dapat mengakses ke jaringan.

System Conn

Sebagai perangkat penghubung ke perangkat interface luar.


F. Kesimpulan

1. Hand Phone adalah salah satu bentuk aplikasi nyata dari teknologi telekomunikasi yang merupakan gabungan dari teknologi radio dengan teknologi komunikasi telepon, dengan dilengkapi fasilitas pendukung yang memudahkan konsumen dalam memakai serta memperoleh semua manfaatnya.

2. Hampir semua jenis Hand Phone memiliki blok diagram secara umum yaitu antena switch, IC Power Amplifier, LO VCO, Oscilator Crystal, IC RF, UPP, Memori, IC Power, dll

3. Perkembangan HP harus mengarah kepada kesempurnaan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

4. Hand Phone adalah salah satu bentuk aplikasi nyata dari teknologi telekomunikasi yang merupakan gabungan dari teknologi radio dengan teknologi komunikasi telepon, dengan dilengkapi fasilitas pendukung yang memudahkan konsumen dalam memakai serta memperoleh semua manfaatnya.

5. Hampir semua jenis Hand Phone memiliki blok diagram secara umum yaitu antena switch, IC Power Amplifier, LO VCO, Oscilator Crystal, IC RF, UPP, Memori, IC Power, dll

6. Perkembangan HP harus mengarah kepada kesempurnaan sesuai dengan kebutuhan konsumen.


G. Evaluasi

1. Pada Hand Phone trainer anda apa mereknya dan modelnya, serta spesifikasi chasis dan IMEI.

2. Apa ciri dari Hand Phone trainer yang anda gunakan dan apa spesikasi tambahan serta jelaskan fungsi dari fasilitas tambahan tersebut ?

3. Carilah fasilitas-fasilitas tambahan yang terdapat pada Hand Phone keluaran terbaru sekarang ini dan jelaskan fungsinya.


Tipe Hand Phone 6510 sebagai Trainer


Dengan nomor IMEI 350697/30/010615/9

Ciri dari Hand Phone 6510 ini walupun tergolong dalam seri yang cukup lama namun kelengkapan fiturnya sangat baik diantaranya untuk tipe ini dilengkapi dengan fasilitas radio FM dimana pemakaian dapat menerima fasilitas radio secara mobile. Tidak itu saja HP jenis ini dilengkapi alat untuk sharing data dalam bentuk infrared.

Bila dibandingkan dengan jenis HP keluaran terbaru sekarang ini, sebut saja tipe Nokia N-Series yaitu Nokia N80. Untuk tipe ini dari segi transferan data memiliki fasilitas infrared, blutooth, WIFI serta 3G, yang sangat menarik penggunaan Wifi karena konsumen tidak membutuhkan dana untuk koneksi kinternet. Disamping itu fasilitas doubel camera, serta sistem penyimpanan (memory) sudah menggunakan sistem memory ROM (eksternal) yang bisa bekerja pada kapasitas Gigabyte. Tidak itu saja program dan aplikasi hampir sama caranya ketika kita menginstall program dalam sebuah komputer. Jadi boleh dikatakan kita membawa komputer mini (mobile), dengan segudang fasilitas yang bisa kita nikmati termasuk kemampuan untuk memutar film di tipe ini, tentunya dalam format Hand Phone yaitu MP4 atau biasanya banyak mengenal dengan format 3Gp. Untuk fasilitas audio tidak kalah menariknya pada tipe N80 ini semua format audio dapat terbaca baik itu format MP3, poliponik, Waf, midi.

Perkembangan HP dewasa ini sangat memahami betul dengan kebutuhan konsumen sehingga perusahaan-perusahaan HP merek ternama seperti Nokia, SE, Samsung, berlomba-lomba untuk terus menyempurnakan fitur-fitur yang dirasa perlu untuk kebutuhan masyarakat. Seperti pada merk HP keluaran Hi-Tech, dimana kombinasi Hand Phone dengan televisi sudah bisa dinikmati dalam suatu perangkat hardwarwe yang bersifat mobile. Ada juga perkembangan yang terbaru salah satu merk HP keluaran terbaru yang mengkombinasikan Hand Phone dengan kamera digital (8 Megapixel).

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar