Kamis, 28 Mei 2009

Laporan Telekomunikasi Seluler


Jurusan : PT. Elektronika

Topik : Pengenalan Telepon Seluler

Job : 2

Judul : Desassembly and Reassembly


A. Tujuan

1. Mengenal alat yang digunakan untuk melakukan bongkar pasang telepon seluler

2. Mengetahui langkah-langkah dan penggunaan peralatan bingkar pasang telepon seluler sesuai aturan dengan baik dan benar

3. Mengetahui komponen utama telepon seluler


B. Alat dan Bahan

1. Telepon seluler trainer

2. Toolset


C. Teori Singkat

Teknologi telepon seluler, tampakna semakin berkembang dengan pesat. Rasanya setiap detik, teknologi ini meleset menuju sebuah fungsi Next Generation yang sebelumnya hanyalah merupakan suatu angan-angan futuristik dalam dunia perfilman.

Perkembangan sebuah sistem Telepon Seluler (Ponsel) atau Hand Phone (HP) sebenarnya telah mengalami evaluasi yang panjang, sebelum melesat perkembangannya seperti sekarang ini. Ponsel tidak hanya sarana komunikasi suara seperti pada awal-awal teknologi seluler ini ditemukan, akan tetapi saat ini telah menjadi sebuah piranti canggih, sebagai media komukasi yang mempunyai fungsi-fungsi sangat luas karena perkembangan teknologi wirelees dan teknologi transmisi data. Dan perkembangan selanjutnya bukan tidak mustahil akan menjadi suatu workstation atau client komputer yang terdedikasi pada sebuah server jaringan wirelees yang menyediakan layanan elient server.

Telepon Seluler atau Hand Phone adalah Hand (genggam), Tele (jauh), Phone (suara). Jadi komunikasi suara (dan alat) dari atau ke suatu tempat/alokasi yang jauh dengan perangkat yang digenggam. Suara yang didengar pada speaker HP/Interface Handfree (IHF) merupakan hasil dari reproduksi sutau objek yang ditangkap oleh Antena HP berdasarkan sistem penerima pesawat HP. Didalam pesawat H, sinyal diproses dan dikirim ke sistem audio. Hasil proses tersebut merupakan suara yang dapat kita dengar. Selain menerima sinyal suara, juga dapat mengirim/memancarkan sinyal suara ke perangkat HP lain.

Dalam melakukan perbaikan telepon seluler, seorang teknisi harus betul-betul memilki keterampilan khusus dan disiplin yang tinggi. Hal ini dilakukan karena telepon seluler merupakan perangkat teknologi yang sangat canggih dari multi disiplin sain ilmu serta memiliki komponen mikcrochip yang rentang dengan tubuh kita, sehingga memerlukan perlakukan yang sangat hati-hati.

Melakukan bongkar pasang telepon seluler merupakan pekerjaan yang sulit, tetapi akan mudah dilakukan jika kita mengetahui dan mengikuti petunjuknya dengan benar. Sebagai gambaran umum bagian-bagian/komponen yang dissambly and reassembly (bongkar pasang) pada telepon seluler adalah seperti gambar berikut.














D. Langkah Kerja

1. buatlah dan bagilah kelompok kerja anda

2. Ambil dan gunakanlah HP trainer untuk masing-masing kelompok, HP trainer yang digunakan dalam kondisi off.

3. Pastikan anda mencabut beterai sehingga sumber tegangan terhadap HP terputus.

4. Gunakan plastik ataupun spun lembut untuk melapisi layar LCD dan keypad.

5. Lakukan pembukaan HP (Disassembly) dengan berhati-hati, sebaiknya menggunakan prosedur Assembly dan Disaseambly dari masing-masing produk (manual sheet).

6. Gunakan peralatan yang sesuai dengan peruntukannya, seperti diameter buat yang sesuai, pengungkit dan penjepit yang sesuai untuk HP.

7. Lakukan pengamatan dan temukan serta kenali komonen-komponen utama dari masing-masing blok rangkaian Hand Phone dari blok rangkaian jobsheet ini.

8. Catat komponen utama yang terdapat pada masing-masing blok rangkaian dan cari fungsinya dari berbagai sumber.


ANTENA

Fungsinya sebagai penagkap dan pemancar gelombang signal yang diterima oleh pesawat Telepon Seluler.

SWITCH ANTENA

Fungsinya sebagai Duplexer/Pemisah antara signal RX (penerima) dengan signal TX (Pemancar), dan bisa juga disebut sebagai terminal pada pesawat telepon seluler.

FILTER RX

Fungsinya sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang diinginkan / yang akan diterima , agar sinyal menjadi lebih bersih yang akan diterima oleh pesawat telepon.

PENGUAT RX (Transistor)

Fungsinya sebagai penguat frekwensi penerima yang telah disaring oleh filter RX sebelum diproses lebih jauh oleh pesawat telepon seluler.

IC RF PROCESSOR

Fungsinya sebagai pengontrol sinyal RX (masuk) dan TX (keluar), agar setiap bagian dapat bekerja baik. Komponan ini terdiri dari beberapa bagjian seperti : IF, MIXER, OSCILATOR, DETECTOR, ENCODER, DECODER, AFC, TONE FREQUENCY, SQUELCH.

VCO (Voltage Control Oscilator)

Fungsinya : sebagai Oscilator / pembangkit frekwensi yang akan dikirim melalui bagian TX (pemancar) dan memeriksa Frekwensi yang masuk melalui bagian RX (penerimaan) agar tetap sama dengan yang dipancarkan. Dan juga untuk mengatur tegangan pulsa dari RF Signal Processor.

FILTER TX

Fungsinya sebagai penyaring / pembagi frekwensi yang akan dikirim atau dipancarkan sebelum diperkuat lagi oleh komponen lain yang terdapat didalam pesawat Telepon Seluler.

IC P.A (Power Amplifier)

Fungsinya sebagai pengaut akhir signal yang akan dipancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat didalam Pesawat Telepon Seluler.

POWER DETECTOR

Adalah transistor yang mendeteksi, kuat lemahnya signal dan mengirimkan data kepada CPU untuk diolah dan kemudian memberikan data keseluruh komponen terkait, khususnya dengan Hardware yang berkaitan dengan signal.

IR T/R Dioda

Sebagai pemancar dan penerima frequency data dengan menggunakan cahaya infra merah, digunakan untuk mengirim dan menerima data aplikasi software, tanpa perlu kabel data.

Bluetooth

Komponen ini pemancar dan penerima frekwensi data dengan menggunakan gelombang radio atau gelombang frekuensi dengan fungsi-fungsi yang sama dengan infra red.

SPEAKER

Suatu alat untuk keluarannya suara yang sebelumya hanyalah getaran listrik dan diubah menjadi suara dengan melalui IC Audio, yang diterima oleh CPU untuk mengeluarkan suara yang terdapat dalam Pesawat Telepon Seluler.

MICROPHONE

Suatu alat untuk berbicara dan cara kerjanya ialah mengubah getaran suara menjadi getaran listrik agar suara yang diterima bisa diproses oleh komponen Pesawat Telepon Seluler lainnya.

SIM CARD

Identitas diri dari setiap Pesawat Telepon Seluler sedang aktif tergantung dari provider sim card yang digunakan, dengan cara diproses oleh CPU yang terdapat dalam Pesawat Telepon Seluler.

CPU

Pusat pengolahan data yang terdapat pada seluler elemen atau komponen yang bekerja didalam Pesawat Telepon Seluler seperti memerintah komponen terkait untuk bekerja sesuai kebutuhan dan dapat menerima informasi dari masing-masing komponen Contoh : MEmerintah IC Power Supply untuk mensupply tegangan /arus keseluruhan bagian Pesawat Telepon Seluler, memerintahkan LCD untuk menampilkan Aktifitas pada Pesawat Telepon Seluler, memrintahkan IC Flas untuk menyimpan data dan mengeluarkanya pada saat dibutuhkan, memeriksa data dari Sim Card yang masuk melalui PC Power Supply, menerima perintah data dari keypad untuk diproses.

RAM (Random Access Memory)

Menyimpan data sementara dan membantu kinerja CPU, semakin besar kapasitas RAM semakin baik kinerja CPU.

IC FLASH

Adalah tempat penyimpanan data pada Pesawat Telepon Seluler, yang sifatnya sementara karena datanya dapat dirubah ataupun ditambah.

EEPROM

Tempat penyimpanan data uatama yang permanent atau data pabrik, dan bekerja tidak dengan ada atau tidak adanya arus listrik pada ponsel. Karena mempunyai daya listrik tersendiri. Sedangkan letaknya terdapat pada IC AUDIO.

IC REGULATOR

Untuk mengatur tegangan, agar dapat diatur sesuai kebutuhan masing-masing komponen terkait, dan juga sebagai pengontrol dari IC Charging yang dikendalikan oleh CPU.

IC CHARGE

Komponen yang bekerja secara otomatis pada saat pengisian dan kerjanya hanya untuk mengisi tegangan battry yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Regulator.

IC AUDIO

Fungsinya sebagai pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, diperkuat dan diteruskan ke Speaker, memperkuat geteran suara yang telah dirubah Mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF. Menjalankan perintahkan dari CPU dan pada IC Audio juga terdapat PCM (Pulse Code Module) dan EEPROM yang berfungsi membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan Imei Ponsel juga menyimpan data-data yang bersifat permanen seperti : Imei, Phone Code, Sec Code.

LCD (Liquid Cell Disply)

Komponen ini berfungsi sebagai alat yang akan menampilkan semua kegiatan / aktifitas dari pada Pesawat Telepon Seluler.

Key Pad

Komponen ini berfungsi sebagai alat yang memberikan perintah data kepada CPU untuk di proses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang terkait dalam pesawat Telepon Seluler.

IC Interface

Fungsinya sebagai pengontrol data yang diperintahkan oleh CPU untuk Vibrator, Buzzer, lampu dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam Pesawat Telepon Seluler.

Battery

Fungsinya sebagai Sumber Arus Listrik / Tegangan yang diperlukan untuk memberikan arus listrik kepada Pesawat Telepon Seluler.

FLEXIBEL

Fungsinya sebagai penghubung antara komponen datu dengan komponen lainnya.

9. Jika telah selesai, pasang kembali (Assembly) HP trainer yang anda gunakan dan kembalikan keadaan semula.



E.Kesimpulan

Arti istilah celuler dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut, secara harfiah, kata ini berarti tentang sel. Di dalam bidang telekomunikasi, istilah ini diartikan pembagian daerah berdasarkan jangkauan sinyal dari stasiun pemancar ke pesawat penerima.

Misalnya dalam teknologi komukasi bergerak (handphone), bagaimana suatu daerah atau kota dapat dijangkau berdasarkan daya pancar sinyal yang ada pada Base Tranceiver Station (BTS). Daerah tersebut dibagi dalam beberapa sel, dimana pada setiap sel ditempatkan satu pemancar (BTS), sampai akhirnya semua daerah yang dikehendaki dapat dijangkau dalam bentuk sel-sel.



F. Evaluasi

1. Apa tipe Handphone (HP) yang anda gunakan ? Siemen 3310

2. Apa ciri khas dari Hand Phone trainer yang anda gunakan dan catat spesifikasi khusus dari HP anda.

Ciri-ciri nya :

- antena

- Battray BLC-2 3,6 V / 600 mA

- Tipe batery N K

- Layar monokrom


Spesifikasi :

-layar monocrom

- Monophonic

- Battray BLC-2 3,6 V/ 600 mA

- Battray standby 10 jam

- Waktu bicara 2 jam – 3 jam 20 menit

- Pesan : SMS

- Phonebook : 100


3. Buatlah urutan prosedure Assembly dan Disassembly ?

a. buka chasing luar bagian depan

b. buka tombol / kaypad

c. buka batray

d. buka chasing bagian belakang

e. buka mesin dan keluarkan (buka mainboard)

f. lepaskan kabel film LCD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar