Selasa, 19 Mei 2009

MERAKIT CPU

LAPORAN PRATIKUM INSTALANSI KOMPUTER DAN JARINGAN
JOB : 2


MERAKIT CPU

A. TUJUAN
1. Dengan mengikuti perkuliahana ini diharapkan mahasisiwa dapat mengenal peralatan pada sebuah CPU
2. Dengan mengikuti perkulaiahan ini diharapkan masiswa dapat merakit komponen – komponen utama kompiter pada mainboard

B. ALAT DAN BAHAN
1. CPU trainer
2. Monitor
3. Keyboard
4. Mouse

C. MATERI TEORITIS
1. Definisi komputer
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer diambil dari bahsa latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Dari definisi oleh para ahli yang ada terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karna itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer

2. Sistem komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Ketiga elemen sistem komputer tersebut saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya

3. Struktur dan fungsi komputer
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada gambar dibawah ini.


Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut :
1. Input Device( Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device( Alat Keluaran )
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hardcopy (kertas), softcopy (ke monitor), ataupun berupa suara.


3. I/O ports

Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input output diatas terhubung melalui port ini.
4. CPU(central processing Unit)

CPU merupakan otak sisitem komputer dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu : ALU(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolahan data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori

Memori terbagi menjadi dua bagian memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

D. LANGKAH KERJA
Sebelum melakukan perakitan komponen komputer, ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu ketersediaan casing tempat meletakan komponen komputer. Komponen komputer tersebut yang terdapat dalam casing meliputi mainboard, Power Supply, Disk Drive, CDROM, VGA Card, Sound Card, dan lain-lain. Pemilihan jenis casing sangat penting, karena sangat menetukan penampilan komputer setelah selesai dirakit. Dalam memilih jenis casing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya kebutuhan dan tempat menyimpan komputer (meja komputer). Jika anda senang mengutak atik atau hobi bongkar pasang mungkin casing berukuran besar yang anda gunakan.
Dibutuhkan juga peralatan kerja supaya komponen komputer terpasang dengan benar dan mengurangi resiko kerusakan, terutama pada mainboard kerja komponen ini teramat sensitive dikarenakan pada komponen ini semua komponen komputer terpasang. Adapun peralatan pendukung dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit adalah:
a. Mempersiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng (+) dan (-)
b. Memastikan komputer dalam keadaan mati (power off)
c. Menjauhkan segala magnet dari harddisk
d. Menjauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennya
e. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual motherboard

1. Menginstall Processor (jenis socket)
a . Melokasikan soket Zif dan membuka denagn menarik tangkai socket keatas.
b. Memasukan CPU kedalam socket dengan menjaga keadaan tangkai socket ketika memasukan CPU

c. Ketika memasukan CPU harus memperhatikan orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada processor dan socket
d. Mendorong kebawah CPU dan mengembalikan tangkai socket ke posisi semula
e. Meletakan heatsink diatas CPU dan memasang pengikat dengan benar
f. Merangkai kabel fan (kipas) dengan supply

perhatikan : beberapa motherboard masih memakai jumper setting atau dip setting untuk mengatur kecepatan clock untuk processor. Sebagian yang lainnya secara otomatis mendeteksi kecepatan processor atau setting secara BIOS (Basic Input Output System )

2. Menginstall Memory
Jumlah slot dari memori tergantung slot yang tersedia pada motherboard. Cara pemasangan DIMM:
a. Membuka kancing socket
b. Memeriksa figure cetakan RAM
c. Memasukan modul SDRAM ke DIMM slot
d. Mengunci / menekan kembali kancing

gambar memory dengan slot DIMM


3. Menginstall AGP Card
a. Mencari lokasi AGP slot
b. Memasang AGP port dengan hati hati, menekan tegak lurus dengan bidang motherboard
c. Memasang peralatan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, Sound Card, dan lain-lain. Caranya sama denagn AGP card. Perbedaan hanya jenis slot yang akan dipasang

4. Menginstall Hardisk
Setelah disk drive terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang harddisk. Untuk memasang harddisk ini pada prinsipnya sama seperti memasang disk drive. Hanya saja kabel yang digunakan lebih besar sesuai dengan jumlah pin yang tersedia (39 pin). Dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mencari port IDE pada motherboard
b. Memasang ujung kabel pada IDE connector, memperhatikan warna merah kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector
c. Memasang ujung lainnya pada harkdisk
d. Memasang kabel supply harddisk(memperhatikan bentuk pemasangan socket power supply)

gambar mainboard IDE connector dan kabel IDE ATA


5. Menginstall Disk Drive
Diskdrive merupakan suatu alat yang digunakan untuk membaca disket atau floppy disk. Dengan diskdrive ini data maupun sistem atau aplikasi dapat dibaca dan dieksekusi melalui media ini prosedure pemasangan diskdrive tidak terlalu sulit dapat dilakukan sebagai berikut
a. Mencari port FDD pada motherboard
b. Memasang ujung kabel pada FDD connector, memperhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada FDD connector.
c. Memasang ujung lainya pada diskdrive
d. Memasang kabel supply disk drive

Gambar mainboard floppy conector dan kabel floppy


6. Menginstall Connector untuk Panel pada Chasing
a. Memasang dengan teliti dan connector untuk panel depan casing
b. Posisi pin /kaki konector tergantung motherboard

7. Menginstal Power Supply untuk Motherboard
Memasang kabel power supply yang berwarna warni dari casing computer ke connector power supply yang tersedia pada motherboard, dengan cara menekan connector.

Gambar fungsi pin ATX power supply conector

8. Memasang Chasing Panel Connector
Menghubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti keyboard, mouse, monitor, dll. Setelah semua terpasang dengan benar, maka komputer akan hidup yaitu akan menghasilkan bunyi / suara BIP sebangak 2 kali yang menyatakan komputer terrinstall dengan benar

E. EVALUASI
mencatat spesifikasi komponen yang terdapat pda PC trainer
- processor intel pentium IV
- harddisk 80 GB seagate
- memory 256 MB DDR PC 2700
- motherboard MS - 6787 ver 2
- power supply 400 watt
- CD Room A52T samsung
- Cassing ATX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar